GKNI Pniel Gajahmada

Lokasi : Kota Pontianak, Kal-Bar

Tahun : 2012

This slideshow requires JavaScript.

Berada jalan alternatif yang menghubungkan jalan dengan aktifitas padat menjadi sebuah kondisi menarik ketika melakukan kegiatan perencanaan bangunan gereja ini. Dengan kondisi lahan yang sempit, maka untuk menyesuaikan kebutuhan ruangnya, bangunan ini “dipaksa” untuk vertikal. Pada area ibadah diterapkan lantai balkon atau mezanine untuk memaksimalkan jumlah jemaat yang mengisi ruang ibadah.

Pilar yang berjumlah 10 pada tampak muka bangunan didasari oleh filosofi atau pemahaman dari ajaran agama Kristen. Permainan kaca gelap pada tampak depan bangunan difungsikan untuk pencahayaan alami pada area tangga dan ruang-ruang lainnya. Pada sisi dinding belakang permainan kaca berbentuk “Salib” yang dihiasi oleh kaca patri pada bagian tengah adalah unsur “drama” yang dimainkan oleh perencana untuk jemaat yang akan melakukan ibadah pada pagi hari.

Dari kejauhan sebagai simbol gereja, pada puncak tampak depan, diletakkan “Salib” dengan warna merah yang diberikan pencahayaan sedemikian rupa agar terlihat pada siang maupun malam hari.

Advertisements